RSS

Dibalik Kesuksesan Starbucks

Starbucks pertama kali berdiri tahun 1971 oleh 3 orang Jerry Baldwin, Zev Siegel, and Gordon Bowker di Seattle, Amerika. Pada awalnya hanya sebuah toko kecil menjual biji kopi pilihan. Konsep awal Starbucks adalah mereka hanya menjual biji kopi yang berkualitas. Orang membeli biji kopi tersebut dan menggilingnya di toko tersebut kemudian pulang untuk menikmati kopi dirumah mereka. Pada tahun 1982 Starbucks mempekerjakan seorang karyawan bernama Howard Schultz. Pada suatu kesempatan Howard ditugaskan perusaan pergi ke Milan, Italia untuk mengantarkan pesanan biji kopi. Di Milan, Howard takjub melihat begitu banyak coffee shop dan bagaimana orang Italia begitu menikmati minum kopi. Gambaran tentang coffee shop di Italia tersebut memberikan ide kepada Howard untuk menjadikan Starbucks menjadi coffee shop.




Setelah Howard kembali ke kantornya di Seattle, bergegas ia bertemu para pemilik Starbucks dan menggambarkan “visinya” akan The future of Starbucks. Namun ide tersebut di tolak oleh para pemilik Starbucks. Mereka berpendapat bahwa konsep Starbucks harus tetap sama, yaitu toko penjual biji kopi pilihan, bukan berbentuk coffe shop seperti yang yang telah dilihat Howard di Milan, Italia.





Setelah resign dari Starbucks di tahun 1985, Howard mendirikan perusahaannya sendiri dan mebuat coffe shop yang bernama Il Giornale. Il Giornale ternyata tidak berjalan sesuai dengan rencananya.

Nah, bagian cerita ini yang banyak orang tidak mengetahui………


 Suatu saat Howard mendapatkan berita bahwa Starbucks akan dijual oleh pemiliknya. Segera saja dia menghubungi bekas atasannya dan mengajukan penawaran. Ternyata harga yang ditawarkan sangatlah tinggi menurut ukuran Howard saat itu. Setelah berhasil mendapatkan pinjaman dari beberapa pihak akhirnya Starbucks berhasil dimiliki oleh Howard.





(Ya, Howard Schultz membeli perusahaan tempat dia pernah bekerja sebagai karyawan!)

Kemudian Howard menggati nama coffee shop miliknya Il Giornale menjadi Starbucks dan bisnispun berjalan sukses. Terjadilah sejarah terbesar dunia dalam bisnis Coffe shop. Starbucks mendunia! Saat ini Starbucks telah menjadi coffee shop terbesar di dunia dengan lebih dari 15,000 shops yang tersebar di lebih dari 44 negara.

Sumber : kaskus.us

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar